Arti Penting Komunikasi
TINDAKAN KOMUNIKASI meliputi :
1. Pelaku komunikasi (aktor), yaitu : komunikator dan komunikan
2. Pesan
3. Saluran (media)
4. Waktu & tempat
5. Situasi & kondisi
6. Hasil / akibat (efek)
EFEK KOMUNIKASI mencakup :
1. Kognitif
2. Afektif
3. Behavior
FUNGSI KOMUNIKASI :
1. Sebagai media pembentukan konsep diri
Mengenali diri sendiri.
2. Sebagai media pernyataan eksistensi diri
Menunjukkan akan keberadaan diri.
3. Sebagai media apresiasi
Mengungkapkan perasaan atau apa yang ada dalam pikiran.
4. Sebagai media ritual
Berbagi komitmen emosional.
5. Sebagai media instrumental
Menginformasikan, mengajarkan, mendorong, mengubah sikap, keyakinan dan perilaku, serta untuk menghibur.
TINGKATAN/KONTEKS KOMUNIKASI :
1. Komunikasi Intrapribadi
2. Komunikasi Antarpribadi
3. Komunikasi Kelompok
4. Komunikasi Organisasi
5. Komunikasi Massa
DEFINISI KOMUNIKASI menurut Sasa Djuarsa S (Ahli Ilmu Komunikasi UI)
“Suatu proses pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan yang terjadi dalam diri seseorang dan atau diantara 2 orang / lebih dengan tujuan tertentu.”
2 MACAM KOMUNIKASI :
A. Komunikasi Non Media :
1. Komunikasi Intrapersonal (komunikasi dengan diri sendiri)
2. Komunikasi Interpersonal (komunikasi dengan orang lain)
3. Komunikasi Kelompok (komunikasi dengan orang lain di dalam kelompok)
4. Komunikasi Organisasi (komunikasi di dalam organisasi)
B. Komunikasi Media :
1. Komunikasi Massa
a. Periodik
b. Non Periodik
2. Komunikasi Non Massa
PROSES KOMUNIKASI :
1. Monolog (seperti teori Harold Dwight Lasswell) --> masih memakai istilah komunikator dan komunikan
- Komunikasi satu arah / monolog
2. Interaksional --> masih memakai istilah komunikator dan komunikan
- Komunikasi dua arah / dialog
3. Transaksional --> menggunakan istilah AKTOR yang melakukan peran
KARAKTERISTIK KOMUNIKASI :
1. Komunikasi adalah suatu proses
2. Komunikasi adalah upaya yang disengaja dan mempunyai tujuan
3. Komunikasi menuntut adanya partisipasi dan kerjasama dari pelaku
4. Komunikasi bersifat simbolis
5. Komunikasi bersifat transaksional
6. Komunikasi menembus faktor ruang dan waktu
Perbedaan Komunikasi dengan Publisistik :
Publisistik : lebih ditujukan kepada individu / kelompok di dalam suatu konteks negara atau sejenisnya.
Komunikasi : mempunyai pengertian yang lebih luas karena mencakup berbagai konteks kehidupan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar